Postingan Terbaik

Posted by : TheofILUS gALIH Jumat, 26 Juni 2015

Pengertian VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network, yaitu jaringan pribadi (bukan untuk akses umum) yang menggunakan medium nonpribadi jaringan public (misalnya internet) untuk menghubungkan antar remote-site secara aman.

Menurut IETF, Internet Engineering Task Force, VPN is an emulation of private Wide Area Network using shared of public IP facilities, such as the internet or private IP backbones. VPN merupakan suatu bentuk private internet yang melalui public network (internet), dengan menekankan pada keamanan data dan akses global melalui internet.

Kegunaan VPN  :
1. Confidentially (Kerahasiaan)
2. Data Integrity (Keutuhan Data)
3. Origin Aunthentication (Autentikasi Sumber) 

Cara Kerja VPN
-VPN membutuhkan sebuah server yang berfungsi sebagai penghubung antar PC, Server VPN ini bisa berupa komputer dengan aplikasi VPN Server atau sebuah Router, misalnya MikroTik RB 750.
-Untuk memulai sebuah koneksi, komputer dengan aplikasi VPN Client mengontak Server VPN, VPN Server kemudian memverifikasi username dan password dan apabila berhasil maka VPN Server memberikan IP Address baru pada komputer client dan selanjutnya sebuah koneksi / tunnel akan terbentuk.
-Untuk selanjutnya komputer client bisa digunakan untuk mengakses berbagai resource (komputer atu LAN) yang berada dibelakang VPN Server misalnya melakukan transfer data, ngeprint dokument, browsing dengan gateway yang diberikan dari VPN Server, melakukan remote desktop dan lain sebagainya.

 Manfaat VPN
- Remote Access, dengan VPN kita dapat mengakses komputer atau jaringan kantor.
- Keamanan, dengan koneksi VPN kita bisa berselancar dengan aman ketika menggunakan akses internet publik seperti hotspot atau internet cafe.
- Mnghemat biaya setup  jaringan, VPN dapat digunakan sebagai teknologi alternatif untuk menghubungkan jaringan lokal yang luas dengan biaya yang relatif kecil, karena transmisi data teknologi VPN menggunakan media jaringan public yang sudah ada tanpa perlu membangun jaringan pribadi.


Kelebihan lain VPN adalah akses dimana saja kita bisa mengakses komputer di rumah melalui jarinagn VPN selama komputer di rumah terhubung internet dan kita memilki akses internet yang diperlukan hanya software VPB client untuk menyamakan konfigurassi dan proses autentifikasi. Dengan begitu kita bisa mengakses internet untuk kontrol perangkat digital dirumah dengan aman dan tidak terdeteksi, karena VPN merupakan salah satu bentuk implementasi jaringan dengan authentifikasi yang ketat identik dengan jaringan MPLS yang terdiri dari berbagai paket label switching.

Kekurangan VPN
- Koneksi internet yang tidak bisa kita prediksi. Hal ini kitamaklumi karena pada dasarnya kita hanya "menumpang" koneksi pada jaringan pihak lain sehingga otomatis kita tidak mempunyai kontrol terhadap  jaringan tersebut.
-Perhatian lebih terhadap keamanan.


Pengertian VPS atau Server maya terdedikasi yaitu server ini dibuat dengan melakukan proses virtualisasi sistem operasi yang dipergunakan. Oleh sebab itu maka di dalam VPS terdapat beberapa sistem operasi yang berjalan secara bersamaan.
VPS (Virtual Private Server) adalah mesin virtual dijual sebagai layanan dengan layanan hosting internet.
Virtual Machine (VM) adalah emulsi dari sistem komputer tertentu.
layanan hosting internet adalah layanan yang berjalan internet server, memungkinkan organisasi dan individu untuk melayani konten ke Internet. Ada berbagai tingkat layanan dan berbagai jenis layanan yang ditawarkan.

Kegunaan VPS :
1. Sebagai web server untuk menjalankan website, blog, e-commerce, dan lain sebagainya. 
2. Sebagai file server atau storage server dimana kita bisa menyimpan file dan data baik melalui ftp, maupun http. 
3. Sebagai server remote desktop, dimana kita bisa mendownload dan mengupload file secara remote, menjalankan aplikasi forex, bot/ robot & automation, spinner. 
4. Sebagai host server untuk VPN dan Tunneling. 
5. Dan masih banyak fungsi lainnya yang dapat diterapkan di VPS misalnya Rapidleech, Torrentleech, DNS Name Server, Proxy Server


Keuntungan VPS :
1. Administrasi penuh sebagai pemilik (root).
2. Hosting banyak website (blog).
3. Memiliki IP Publik khusus.
4. Manajemen web yang lebih mudah.
5. Akses Resources Server yang cukup.
6. Server yang stabil.
7. Migrasi data yang mudah dari Shared ke VPS dengan CPanel.
8. Monitoring web servis dari pihak Provider.
9. Harga lebih murah dari Dedicated Server atau Collocation.
10.Kemampuan sebagai VPN ataupun Web Proxy.


Kekurangan VPS :
1. Harganya yang lebih mahal.
2. Tidak cocok untuk pemula (beginner).
3. Rawan terhadap keamanan (security), keharusan update patch software terbaru.
4. Berbagi resources bersama ke pengguna lain, sehingga vps tidak maksimal dalam performa.
5. Biaya Managed VPS (bantuan) dari pihak Provider yang sangat mahal.
6. Instalasi dan Manajemen software yang lebih rumit.
7. Server harus sering dimonitoring.
8. Masalah-masalah seputar vps akan sering muncul, baik itu script error, software tidak support, dll sehingga menyita banyak waktu.
9. Jika terjadi kegagalan Hardware, akan mempengaruhi semua vps dalam sebuah server.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Galih Caesar Alfindo - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -