Postingan Terbaik

Posted by : TheofILUS gALIH Selasa, 07 Juli 2015

          WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source software). Selain sebagai blog, WordPress juga mulai digunakan sebagai sebuah CMS (Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. WordPress adalah penerus resmi dari b2/cafelog yang dikembangkan oleh Michel Valdrighi. Nama WordPress diusulkan oleh Christine Selleck, teman Matt Mullenweg. WordPress saat ini menjadi platform content management system (CMS) bagi beberapa situs web ternama seperti CNN, Reuters, The New York Times, TechCrunch, dan lainnya.

Langkah-langkah:
1: Download file wordpress.zip-nya di website resminya wordpress.org. Lalu download.

2. Login pada debian atau putty, masukan perintah 'wget (url download)' untuk memasukan file downloadnya ke debian. Setelah itu ketikan 'ls' untuk melihat apakah sudah terdownload. Lalu kita isikan perintah
#apt-get install unzip
\
3. Ketikan 'Y' untuk melanjutkan.

4. Lalu kita unzip file wordpress-nya menggunakan perintah  #unzip (nama file)



5. Copy file wordpress yang sudah ke unzip ke var/www menggunakaan perintah 
#cp wordpress /var/www/html

6. Masuk ke web browser anda, ketikan ip server/phpmyadmin/.Contoh 192.168.43.2/phpmyadmin/, lalu login user dan isikan password. 


7. Setelah itu membuat database, contoh saya membuat database namanya 'wordpress'.


8. Untuk memulai-nya , kita ketikan 'http://192.168.43.2/wordpress/.

9.  Untuk tampilan konfigurasi wordpress akan seperti gambar dibawah, setelah itu klik "Let's Go" untuk membuat wordpress.

10. Kita mengisikan mulai dari nama database, username, password, localhost, dan table prefix.

11. Lalu klik Run and install, tapi sebelum itu kita membuat folder di direktori var/www/html/woordpress pada debian kita.

12. Ketikan perintah "#cd /var/www/html/wordpress"
13. Ketikan perintah "#nano wp-config.php"
14. Tulis kembali atau copy text yang terdapat di wordpress tadi. Simpan dengan perintah ctrl+o enter lalu ctrl+x.

15. Klik Run and Install untuk melanjutkan.


16. Pada site title isi dengan nama terserah tapi di sini saya isi dengan nama saya yaitu Theofilus Galih, jangan lupa isi user name dan password, karna ini di gunakan untuk login ke dasbord wordpress , terus isi juga emailnya setelah semua di isi kemudian klik install wordpress.

17. Jika muncul tampilan seperti ini berarti kita sudah selesai menginstall cms wordpress , lalu isi username dan password untuk login ke dasbord wordpress.

18Berikut ini tampilan dasbord wordpress.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Galih Caesar Alfindo - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -