Postingan Terbaik

Posted by : TheofILUS gALIH Sabtu, 11 Juli 2015


Pengertian CMS Formulasi

    CMS Formulasi adalah sebuah sistem manajemen konten (Content management system) yang dapat anda peroleh secara gratis, sebuah sistem sederhana yang kali pertama dibangun dari nol oleh sdr. Ari Rusmanto yang diberi nama Shoolhos. Seiring berjalannya waktu CMS ini ada beberapa perbaikan kode oleh sdr. Fauzan A Mahanani kemudia berubah nama menjadi CMS Formulasi.
Saat ini banyak sekali layanan pembuatan website baik yang gratisan maupun berbayar. Ambil contoh saja Blogger, layanan blog 100% gratis milik Raksasa Internet Google ini dapat menjadi media bagi sekolah untuk memperkenalkan diri kepada "dunia luar". Dengan keamanan yang sangat terjamin dan fasilitas yang cukup lengkap. Akan tetapi, untuk kebutuhan sekolah yang cukup komplek terutama untuk SMP, SMA, dan SMK, sekolah membutuhkan engine website tersendiri yang mampu menjangkau seluruh kebutuhan sekolah, dari database guru, perpustakaan online, PPDB Online, berita, hingga alumni sekolah. Kita mungkin telah mengenal engine Wordpress, Joomla, atau Drupal. Mereka memang memberikan layanan yang cukup prima bagi pengelola website baik umum atau sekolah. Yang perlu kita ketahui dan sadari adalah ada karya hebat anak bangsa dalam membangun mesin website untuk sekolah yang sangat canggih dan lengkap, bahkan anda tidak perlu lagi mencari modul/ plugin untuk PPDB Online, Database guru, E-learning, Digital Library, hingga template. CMS Formulasi merupakan engine CMS yang cukup lengkap dan telah banyak digunakan oelh sekolah-sekolah di Indonesia, utamanya lagi adalah CMS ini buatan anak bangsa. Dibawah naungan LPMP Provinsi Jawa Tengah, CMS Formulasi mulai menunjukkan tajinya sebagai mesin CMS yang cukup lengkap dan canggih.


Langkah-Langkah:
1. Buka aplikasi putty, lalu login.

2. Copy link aplikasi cms_formulasi yang ada di web browser anda.

3. Ketikan perintah 'wget' lalu copy paste link yang dicopy tadi.

4. Setelah kita download kita membuat folder di var/www/html dengan perintah "#mkdir /var/www/html/formulasi" lalu copy filenya dengan perintah "#cp (nama file) /var/www/html/formulasi"



5. Setelah kita copy kita extract file-nya menggunakan perintah "#unzip (nama file)".

6. Lalu kita beri hak aksesnya pada direktori formulasi dengan perintah "#chown -R www-data:www-data formulasi dan #chmod -R 755 formulasi"

7. Masuk ke phpmyadmin, kita membuat database baru, klik pada database isikan nama database-nya formulasi lalu klik create.

8. Buka tab baru di browser, ketikan "ipserver/formulasi". Contoh: 192.168.43.2/formulasi. Lalu muncul awal tampilan seperti di bawah.

9. Isikan username database, password database, dan name database. Setelah diisi kita lanjut klik install.


10. Untuk pemilihan website pilih yang "Website Sekolah", lalu klik lanjut.

11. Selanjutnya masuk pada bagian identitas Administrator, dari atas sampai bawah harus diisi lengkap.

12. Isikan nama website sekolah, jenjang (tingkat sekolah), url website/domain, alamat rumah dan nomer telepon.

13. Selanjutnya klik selesai.

14. Masukan username dan password yang telah kita buat tadi.

15. Lalu kita buka tab baru, ketikan "ipserver/formulasi" dan pembuatan cms formulasipun sudah selesai.



Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Galih Caesar Alfindo - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -