Postingan Terbaik

Posted by : TheofILUS gALIH Selasa, 04 Agustus 2015


Setelah mencoba aplikasi CMS Drupal, sekarang kita akan setting konfigurasinnya pada Drupal. Kebutuhan module-module drupal bisa anda download di drupal.org. Yang dimaksud module ini ialah pengaturan pendukung drupal yang secara belum ada, dapat kita berikan dengan mendownload module-modulenya dan di upload ke aplikasi Drupal tersebut.


Langkah-langkah mengkonfigurasi :
1. Masuk pada bagian menu configuration di drupal.

2. Pilih "Clean URLs", fungsinya menghilangkan query string yang berbentuk seperti ?= yang terdapat di sistem menu. 

3. Beri tanda centang pada Enable URLs kemudian klik save configuration. Lalu muncul kotak berwarna hijau setelah kita save configuration-nya.


4. Pada saat ini, saya sudah mendownload beberapa module yang kurang lebih dibutuhkan di Drupal. Sesuaikan untuk kebutuhan masing-masing.

5. Setelah itu masuk pada menu module di Drupal. Kemudian klik "Install new module".

 6. Ada 2 cara untuk menginstal module Drupal, pertama dengan "Install from url" dan yang kedua "Upload". Karena saya sudah mendownload module-modulenya saya pilih upload, setelah suda memilih klik install.

7. Setelah menunggu beberapa saat akan muncul tampilan seperti dibawah. Pada bagian ini klik "enable newly added modules".

8. Kita cek module yang di install tadi apakah sudah terinstall apa belum. Jika sudah kita cari nama modulenya contoh saya tadi menginstal admin menu, beri tanda centang. Lalu save configuration.

9. Lalu kita jalankan dengan mengeklik run cron, kegunaanya melakukan tugas optimasi drupal secara terjadwal. Cron juga membantu memeriksa keamanan sistem drupal, index content ter up to date dan bahkan pembersihan data tidak terpakai di database seperti cache, access log dan lain-lain.

10. Tinggal menginstall module-module yang dibutuhkan sama seperti langkah-langkah di atas.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Galih Caesar Alfindo - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -