Postingan Terbaik

Posted by : TheofILUS gALIH Selasa, 11 Agustus 2015

       Mail Server adalah sebuah aplikasi yang menerima e-mail dari pengguna lokal (dari domain yang sama) maupun pengirim remote dari jaringan lain (internet). Selain itu Mail Server juga mampu mem-forward e-mail tersebut ke Mail Server lainnya untuk dikirim. Intinya Mail Server adalah yang melayani kalian para user dalam proses pengiriman dan penerimaan e-mail seperti halnya kantor pos. Untuk dapat mengirimkan e-mail, sebuah Mail Server harus memiliki sebuah MTA (Mail Transport Agent) didalamnya. Fungsi utamanya adalah untuk mengirimkan e-mail dari Mail Server lokal ke Mail Server remote. Sebenarnya ada banyak sekali jenis-jenis MTA yang Dapat kalian install di Debian. Beberapa contohnya adalah : Postfix ,Sendmail ,Qmail ,Exim ,Zimbra

      Selain untuk mengirimkan e-mail, Mail Server juga bertugas untuk menerima e-mail menggunakan protokol POP atau IMAP. Untuk itu diperlukan juga sebuah POP dan IMAP server agar Mail Server dapat berfungsi dengan sempurna dalam menerima email masuk dari MTA Mail Server lain. Contoh POP dan IMAP server yang cukup terkenal adalah Courier dan Dovecot.


      Sebelum mengkonfigurasi mail server dan mengistallnya dalam konfigurasi dns anda pastikan telah sama dengan yang saya buat, yang saya maksud disini ialah adanya baris “@ IN MX 2 mail.smk.net” atau “ mail IN A 192.168.137.2 ” Baris ini dalam konfigurasi dns-server harus ada , dalam installasi mail server kali ini saya akan mengunakan postfix dan courier.

Langkah-langkah :
1.Login melalui terminal, untuk masuk memakai perintah #ssh caesar@192.168.43.2, kemudian masukan passwordnya.

2. Selanjutnya kita install postfix-nya menggunkan perintah #apt-get install postfix courier-pop courier-imap. Lalu tunggu proses loadingnya.

3. Muncul seperti gambar dibawah ini silahkan pilih ok.

4. Pilih “Internet site” lalu tekan tab pilih ok tekan enter.

5. silahkan anda masukan domain yang sudah di konfigurasikan di dns server  yaitu “galih.smk.net” tekan tap pilih ok takan enter.

6. Tunggu proses installasi dan lain lain selama beberapa saat kemudian akan muncul seperti gambar dibawah ini silahkan anda pilih yes tekan enter.

7. Mulai mengkonfigurasi postfix mail server, pertama buat folder mail dengan perintah :
# maildirmake /etc/skel/Maildir.

8. Kemudian anda edit file main.cf dengan pertintah : #nano /etc/postfix/main.cf Tambahkan baris berikut ke bagian paling akhir dari file konfigurasi : 
home_mailbox = Maildir/


9. Setelah itu simpan dan keluar dengan menekan ctrl+x tekan y tekan enter 
Lalu masukan perintah :#dpkg-reconfigure postfix.

10. Seperti langkah installasi tadi ini hanyalah langkan untuk re-install seperti di windows tetapi dengan konfigurasi yang diubah oleh konfigurasi kita , seperti gambar dibawah ini silahkan tekan enter untuk ok.

11. Kemudian akan muncul pilihan seperti gambar dibawah ini silahkan anda pilih “Internet site” lalu tekan tab pilih ok tekan enter.

12. Lalu muncul kotak seperti gambar dibawah ini silahkan anda tekan tap pilih ok takan enter.

13. Anda diminta memasukan postmaster silahkan anda kosongkan saja, pilih ok.

14. Muncul seperti kotak dibawah untuk alamat - alamat penerima email , tidak perlu ditambahkan apapun default saja tekan tap pilih ok tekan enter.

15. Untuk “Force synchronous updates on mail queue “ silahkan tekan tab pilih No tekan enter.

16. Setelah itu muncul “local network” silahkan tambahkan “0.0.0.0/0" lalu ok.

17. Pilih no saja untuk "Use procmail for local delivery"

18 Mailbox size limitnya kita berikan 0 saja lalu pilih ok.

19. Extension characternya di deffault aja, lalu ok.

20. Pemilihan internet protocol-nya pilih IPV4.

21. Lalu setelah install mailserver yaitu postfix , cuirier-pop, courier-imap silahkan anda restart semua service tersebut dengan perintah : 
#service postfix restart 
#service courier-pop restart 
#service courier-imap restart

22. Setelah installasi dan konfigurasi mail server selesai silahkan anda menambahkan 2 user baru dengan perintah :#adduser [nama user]


23. Sebelum memulai instalasi Webmail Server, perlu kalian ketahui terlebih dahulu bahwa Webmail berbeda dengan Mail. Webmail hanyalah merupakan frontend dari Mail. Inti mekanismenya sebenarnya terdapat pada Mail Server, bukan pada Webmail Servernya. Karena tujuan Webmail hanya untuk memudahkan user dalam mengakses Mail Server tersebut.

Ketikan perintah #apt-get install squirrelmail.

24. Setelah terinstall konfigurasi squirrelmail dan apache2 karena terkait sesama layanan yang berbasis web include konfigurasi squirrel dengan manambahkan baris berikut ke “/etc/apache2/apache2.conf” tambahkan baris Include "/etc/squirrelmail/apache.conf"

25. Buat semacam shortcut atau symbolic dari folder “/usr/share/squirrelmail” ke “/var/www” dengan nama symbolic mail untuk membuka squirrelmail dengan perintah seperti di gambar.

26. Lalu anda coba buka melalui client dengan browser dapat membuka “192.168.43.2/mail”

27. Setelah terbuka anda dapat mencoba untuk mengirim e-mail dengan login sebagi user yang tadi dibuat yaitu theo dan dian , setelah login silahkan anda klik compose , lalu tulis alamat email user dian yaitu dian@galih.smk.net lalu anda coba tulis isi email lalu tekan send.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Galih Caesar Alfindo - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -